Jumat, 10 Juni 2016

TIPS MELAHIRKAN BAYI KEMBAR NORMAL


Pemilihan Tempat Saat Melahirkan


Untuk pemilihan tempat saat melahirkan bayi kembar secara normal seharusnya bisa dilakukan dengan melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang menangani saat masa hamil. Setelah melakukan konsultasi biasanya baru didapatkan beberapa solusi dan langkah untuk mengambil metode dalam proses melahirkan yang bisa dilakukan bisa secara normal atau mungkin bisa secara Caesar. Beberapa faktor yang bisa menentukan bagaimana proses melahirkan adalah posisi dari janin.

Posisi Janin


Posisi janin bisa menentukan bagiaman metode yang digunakan saat proses melahirkan. Biasanya jika kedua janin anak kembar dalam posisi memanjang dengan kepala di bawah maka porses kehamilan normal bisa  dilakukan. Sehingga perlu adanya pemeriksaan yang dilakukan secar rutin saat sebelum persalinan sehingga bisa mengetahui bagaimana posisi kedua janin kembar tersebut. Jika bayi dalam posisi sungsang maka ada kemungkinan metode yang digunakan adalah Caesar hal ini dilakukan agar menurunkan adanya resiko keluarnya tali pusat yang mungkin bisa terjadi.

Masalah resiko dalam persalinan bayi kembar adalahn keluarnya tali pusat sangat sering terjadi pada posisi bayi sungsang. Hal ini bisa terjadi karena letak bayi kembar yang ada dalam satu ketuban sehingga membuat kedua bayi terlilit oleh tali pusat. Sehingga jika mengalami kondisi ini, maka sangat disarankan untuk melakukan bedah Caesar.

Lakukan Latihan Persalinan


Saat mengandung bayi kembar dan berencana ingin melakukan metode melahirkan dengan cara yang normal maka sebaiknya untuk terus menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa melakukan latihan dan olahraga secara rutin sehingga persalinan bayi kembar bisa lancar. Caranya adalah dengan melakukan dorongan ke posisi kepala bawa dengan gerakan ini akan mengoptimalkan janin supaya dalam proses melahirkan menjadi lancar. Dan anda juga harus terus menjaga pikiran selalu bberfikir positif saat hamil sehingga tidak stress dan proses melahirkan bisa dilakukan dengan normal.

Jaga Makanan


Menjaga kesehatan saat hamil bayi kembar juga dilakukan dengan menjaga dan mengatur pola makan. Usahakan untuk terus mengkonsumsi makanan sehat tertama mengkonsumsi madu. Hal ini karena Madu memiliki manfaat baik dalam menjaga kesehatan dan system kekebalan tubuh manusia terutama ibu yang sedang hamil. Selain itu madu juga bisa memberikan energy yang cukup saat masa sebelum melahirkan.

Lakukan Olahraga Ringan


Jika berenacana akan melahirkan bayi kembar secara normal sebaginya empatkan juga untuk lakukan olahraga ringan setiap harinya. Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki saat siang hari atau sore hari. Cara ini dipercaya mampu melancarkan dalam proses melahirkan secara normal. Hanya saja yang perlu diingat adalah anda tidak boleh terlalu lelah dan memaksakan diri karena akan membuat keadaan menjadi lebih buruk.

Itulah beberapa tips melahirkan bayi kembar secara normal untuk ibu yang sedang hamil dan sedang dalam masa akan melakukan persalinan semoga bisa bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar